sejarah

Universitas Maulana Yusuf (UNMAYU)

Didorong oleh hasrat mengerjakan cita-cita luhur Bangsa Indonesia, khususnya dalam menyiapkan insan yang berpendidikan tinggi yang bertanggung sahut terhadap bangsa, negara, dan publik sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Landasan 1945 dalam alinea IV “Memintarkan kehidupan bangsa”, maka pada tanggal 14 Juli 1962, yayasan Pembina Maulana Yusuf menjadikan sebuah perguruan tinggi yang bernama Universitas Maulana Yusuf (UNMAYU), dan salah satu fakultasnya yaitu Fakultas Sosial Politik

Akademi Ilmu Administrasi (AIA) Maulana Yusuf Banten

Dengan telah tersedianya peningkatan edukasi politik di Tanah Air sekitar tahun 1965-1966 memberi pengaruh terhadap dinamika kehidupan perguruan tinggi, termasuk UNMAYU. Salah satu upaya untuk memantapkan UNMAYU, khususnya Fakultas Sosial Politik sebagai lembaga edukasi tinggi di Banten. Atas pernyataan sepakat dari Pimpinan Pembina UNMAYU dengan surat keputusan No. 10/5/1966 tertanggal 17 Agustus 1966, Fakultas Sosial Politik UNMAYU berubah sebagai Akademi Ilmu Administrasi (AIA) Maulana Yusuf Banten.

Perubahan tersebut terjadi berkat prestasi yang elah dicapai oleh AIA Maulana Yusuf Banten serta telah tersedianya tuntutan peningkatan pengembangan yang sangat pesat serta dukungan positif dari publik Banten.

Pada tanggal 22 Januari 1981, berlandaskan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 024/0/1981 hal penetapan lagi status terdaftar untuk AIA Maulana Yusuf Banten, yaitu suatu keputusan yang memperkuat status terdaftar AIA Maulana Yusuf Banten yang diperoleh pada tahun 1966. Inilah salah satu bukti bangun yang diberikan oleh negeri terhadap AIA Maulana Yusuf Banten sebagai lembaga edukasi tinggi yang telah mampu membikin tenaga-tenaga akademikus yang profesional.

STIA Maulana Yusuf Banten

Berlandaskan pengalaman yang digali selama 20 tahun dalam mengelola, serta didukung oleh partisipasi aktif dari segenap tokoh publik Banten dan melihat kenyataan yang telah tersedia dalam peningkatan pengembangan yang menyampai pesat, maka yayasan Pembina dan dengan penuh optimis pada 1983 mengajukan permohonan perubahan bentuk dari AIA sebagai STIA Maulana Yusuf Banten. Pemilihan sebagai sekolah tinggi disesuaikan dengan kebutuhan publik pada kala itu dan penetapan kurikulumnya dengan arahan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta.

Berkat dorongan dan bantuan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat, permohonan tersebut mendapat tanggapan positif dari Mendikbud dengan keluarnya Surat Keputusan No. 0447/0/1983 hal Status terdaftar untuk STIA Maulana Yusuf Banten. Disusul dengan SK Mendikbud No. 0136/0/1983 yang mengungkapkan bahwa edukasi rencana Strata 1 (S-1). Atas kerja keras para pembina dan pengurusnya, maka berlandaskan SK Mendikbud No. 094/0/1991 tertanggal 1 Maret 1991, Jurusan Administrasi Negara berubah Status dari terdaftar sebagai diakui.

Sejalan dengan peningkatan pengembangan serta tuntutan publik yang terus meningkat berkeinginan untuk menaikkan kualifikasi edukasi formal serat telah tersedianya peluang untuk memperluas keaktifan berupaya dapat melatih dengan meretas jurusan yang baru yaitu Rencana Studi Ilmu Administrasi Niaga.

Rencana Studi Administrasi Negara STIA Maulana Yusuf Banten terus mengerjakan pembenahan, datang pada kalanya membikin evaluasi diri yang kemudian dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Edukasi Tinggi (BAN-PT), Jurusan/Rencana Studi Administrasi Negara dikukuhkan dengan Surat Keputusan BAN-PT Depdiknas, nomor: 017/BAN-PT/AK-4/VII/200, tanggal 20 Juli 2000 bahwa diberitahukan “Terakreditasi” dengan “Predikat C” , sedangkan untuk Rencana Studi Administrasi Komersial berlandaskan dengan surat keputusan Dirjen Dikti, nomor: 432/DIKTI/Kep./1997, tanggal 19 November 1997 berstatus “Terdaftar” . Kondisi ini terus berlanjut dan pada kalanya SK BAN-PT maupun Dirjen Dikti yang mengungkapkan Status Perguruan Tinggi (Terakreditasi C dan Terdaftar) tersebut kesudahannya, maka STIA Maulana Yusuf Banten Rencana Studi Ilmu Administrasi Negara dan Komersial mulai menyiapkan evaluasi diri untuk kemudian mengajukan lagi hal status lembaga edukasinya STIA Maulana Yusuf Banten.

Berlandaskan Verifikasi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi pada tanggal 12 Agustus 2003 dan tanggal 18-19 Agustus 2003, kedua Rencana Studi yang telah tersedia di STIA Maulana Yusuf Banten diberitahukan “Terakreditasi” . Status tersebut tercantum dalam Surat Keputusan BAN-PT. Nomor: 033/BAN-PT/AK-VII/S1/IX/2003, tanggal 19 September 2003, hal Status Akreditasi Jurusan Ilmu Administrasi Negara dengan Klasifikasi “B” (Baik)., dan Rencana Studi Ilmu Administrasi Komersial memperoleh Akreditasi dengan “Peringkat C” (Cukup) berlandaskan dengan Surat Keputusan BAN-PT nomor: 035/BAN-PT/AK-VII/S1/X/2003 tanggal 3 Oktober 2003.

Kemudian memikirkan SK Akreditasi hanya berlaku lima tahun, maka pada tahun 2008 masa berlakunya SK.BAN-PT. hal Akreditasi sudah tidak berlaku lagi. Oleh karenanya STIA Maulana Yusuf Banten mengajukan lagi perpanjangan akreditasi Jurusan Administrasi Negara, dan alhamdulillah Status STIA Maulana Yusuf Banten berlandaskan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor: 027/BAN-PT/AK-XII/S1/IX/2009, tanggal 11 September 2009 mendapat kadar 308 dengan peringkat “B”.

Dengan diperolehnya status Akreditasi tersebut, eksistensi STIA Maulana Yusuf Banten sebagai Lembaga Edukasi Tinggi tidak diragukan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *